[Review] Mouse Steelseries Rival 100 PC Bang Edition: Mouse Ajib dengan Harga Ajaib!

Steelseries adalah sebuah perusahaan yang memfokuskan diri pada peripheral gaming seperti mouse, keyboard, headset, mousepad, dan lain-lain. Barang yang memiliki nama “Gaming” biasanya dipandang memiliki kualitas yang bagus dan harga yang mahal. Namun, tidak selamanya gaming gears yang bagus itu mahal. Contohnya mouse dari Steelseries yang bernama Steelseries Rival 100 PC Bang edition.




Mouse ini adalah versi ekonomis dari Rival 100. Perbedaan yang terdapat dari versi murah ini dengan Rival 100 adalah:

· Rival 100 memiliki permukaan Soft Touch Coating
· Rival 100 memakai sensor SDNS-3059-SS eksklusif milik Steelseries yang telah dituning spesial dengan masukan-masukan dari tim-tim gaming global Steelseries
· Rival 100 mempunyai LED dengan kombinasi warna 16.8 juta warna, dan juga fitur GAMESENSE dalam software Steelseries Engine
· Rival 100 menggunakan Steelseries Switches dengan usia click sampai 30 juta click
· Rival 100 memiliki “jeroan” dan material yang berbeda dengan PC Bang Edition
· Rival 100 memiliki beragam warna yang bisa dipilih sedangkan PC Bang Edition hanya tersedia dalam warna hitam
· Rival 100 PC Bang Edition hadir dalam kotak packaging kardus yang minimalis
· Rival 100 PC Bang Edition memiliki feel klik yang agak berbeda dengan Rival 100


Walau demikian, mouse ini tetap dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan untuk anda yang berencana membeli mouse gaming dengan budget yang terbatas.



Mouse ini hadir dengan kelengkapan yang sangat minimalis. Ketika anda membuka kemasan dari mouse ini, anda akan menemukan unit Rival 100 PC Bang terbungkus bubble wrap dan sebuah manual. Tidak ada cd driver maupun hal lain yang anda akan dapatkan mengingat kotak kardus ini yang kecil dan mouse ini dapat langsung anda pakai alias plug-and-play.


Ini adalah spesifikasi yang ditawarkan oleh mouse ini:

· Width: 67.13 mm
· Height: 120.6 mm
· Depth: 38.12 mm
· Weight(w/cord): 120 g
· Siding: Textured plastic
· DPI Steps: 250, 500, 1000, 1250, 1500, 1750, 2000, 4000
· Programmable Keys: 6
· Cable Material: Rubber
· Cable Length: 2m
· IPS: 140
· Mouse Acceleration: 20 g
· Lift Off Distance: 1.5 mm
· Sensor: Avago S3059SS




Mouse ini dapat memberikan kesan pertama yang positif ketika pertama kali dipakai. Bahan plastik ABS nya enak disentuh. Walau sebenarnya bahan plastic ini lebih tipis daripada versi Rival 100, tapi mouse ini terbilang kokoh. Bentuk body yang ambidextrous membuat mouse ini nyaman dipakai. Namun, tombol ekstra hanya terdapat di bagian kiri mouse yang membuatnya tidak sepenuhnya ambidex. Mouse ini juga memiliki grip yang kasar sehingga jari anda dapat mencengkram mouse dengan baik. Saya pribadi lebih menyukai mouse ini ketimbang versi Rival 100 karena gripnya yang kasar membuat mouse ini tidak licin ketika dipakai saat tangan berkeringan atau dalam jangka waktu yang lama. Kabel yang terdapat dalam mouse ini adalah kabel karet. Mouse feet ini memiliki bahan yang bagus, cukup kuat dan tidak keset di atas mousepad.


Ketika saya memakai mouse ini untuk nge-game, mouse ini memiliki performa yang sangat baik. Saya bahkan terkesan karena harga mouse ini yang cukup terjangkau. Saya memakai setting DPI di tingkat 500 dan 1000. Anda dapat mengatur tingkat DPI dalam software Steelseries Engine 3 yang dapat anda unduh di website resmi Steelseries. Mouse ini juga tidak membuat tangan lelah maupun sakit ketika dipakai dalam jangka waktu yang lama.



Mouse ini memiliki feel klik yang berbeda dari Rival 100. Feelnya terasa lebih empuk dibandingkan Rival 100, mungkin karena pengaruh bahan yang berbeda. Untuk bagian scroll wheel, scroll wheel terasa tactile dan memiliki bunyi klik yang cukup tajam ketika ditekan. Jika scroll di putar cepat, tidak ada suara gesekan aneh. Bahan yang digunakan untuk scroll wheel adalah plastik.


Untuk performa, mouse ini memiliki performa yang luar biasa dalam price rangenya. Meski sensornya telah di “downgrade”, mouse ini tetap tidak kalah dengan mouse dengan price range yang sama dengan Rival 100 PC Bang. Dibekali sensor Avago S3059SS, mouse dapat melakukan tracking yang bagus dan akurat meski anda melakukan manuver cepat dan rumit. Selain melakukan tuning DPI, anda juga dapat mengatur acceleration dan deceleration dalam Steelseries Engine 3. Anda dapat melakukan perpindahan DPI secara real time dengan menekan tombol DPI switch di bawah scroll wheel. Anda juga dapat memaksimalkan performa mouse ini dengan menggunakan 2 tombol tambahan yang terdapat di samping kiri body mouse. Secara default, tombol ini berfungsi sebagai Back dan Forward. Namun jika anda perlu tombol tersebut untuk fungsi yang lain, anda dapat mengatur fungsi tombol tersebut dengan software Steelseries Engine 3.


Dalam mengatur tingkat DPI, Steelseries menyediakan step-step DPI dengan tingkat 250, 500, 1000, 1250, 1500, 1750, 2000, dan 4000. Saya pribadi tidak begitu menyukai step ini karena saya biasa bermain di tingkat 400 atau 800 DPI. Jika anda tidak dapat mengatur tingkat DPI sesuai dengan selera anda, maka anda harus mengatur juga tingkat sensitivitas mouse dalam game agar anda dapat memakai mouse ini dengan nyaman.



Kesimpulan

Mouse ini bisa saya katakan sebagai mouse ajib dengan harga ajaib. Dengan uang sebesar 350 ribu rupiah anda sudah bisa membawa pulang mouse yang hebat ini. Mouse ini tetap memiliki performa yang mantap dan tidak bisa dipandang sebelah mata walaupun ini adalah versi “downgrade” dari versi aslinya. Mouse ini dapat melakukan manuver cepat dan rumit tanpa kendala berkat sensornya. Bahan yang terbilang solid dan kokoh di kelasnya serta bentuk body yang ergonomik membuat mouse ini benar-benar nyaman dipakai. Meski kabelnya masih belum braided alias masih menggunakan sleeving karet, kabel ini lentur sehingga anda akan mudah dalam mengatur kabel.

Mouse ini juga masih memiliki kekurangan. Tombol ekstra yang hanya terdapat di samping kiri body mouse membuat mouse ini tidak sepenuhnya ambidex. Step DPI level yang kurang fleksibel membuat anda yang tidak terbiasa dengan level DPI yang ada harus melakukan penyesuaian ulang. Tidak adanya cd driver yang menyertakan software Steelseries engine. Saya pribadi lebih suka dengan peripheral yang menyertakan dvd driver/software mengingat tidak semua orang memiliki akses internet. Dan mouse ini mudah kotor sehingga mouse ini harus rutin dibersihkan.





Namun kekurangan-kekurangan mouse ini dapat dimaklumi mengingat harga yang ditawarkan oleh mouse ini. Bagi anda yang memiliki budget terbatas, mouse ini dapat menjadi bahan pertimbangan untuk dibeli. Saya bahkan menggunakan mouse ini sebagai “primary weapon” untuk nge-game, menggantikan mouse Steelseries Kana CSGO Edition yang memiliki harga yang jauh lebih mahal. Mouse ajib dengan harga ajaib!


*catatan: Steelseries Rival 100 PC Bang tidak dicantumkan di website karena model ini adalah sebenarnya bukan ditujukan untuk ritel namun untuk game center

Situs resmi Steelseries Rival 100:
https://steelseries.com/gaming-mice/rival-100




Komentar

  1. SteelSeries Aerox 3 Gaming Mouse in UAE, Wireless Super Light Gaming Mouse in UAE, Gaming Mouse in UAE
    https://gccgamers.com/steelseries-aerox-3.html
    SteelSeries Mouse in UAE, Safe Shopping Multiple Payment Options Express Delivery GCC Gamers Moneyback Guarantee.
    1633157913388-7

    BalasHapus

Posting Komentar