[Review] Pioneer HDJ 1000 Gold: Headphone DJ dengan Kemilau Emas!

Pioneer, merk Pioneer pasti sudah sering terdengar di bidang perangkat audio seperti mic, headphone, sampai sound system mobil. Nah, kali ini saya akan mereview headphone Pioneer HDJ-1000.



NOTE: Headphone yang saya review adalah barang OEM dikarenakan mencari headphone yang original sangatlah sulit


Ok, Start from the build material. Bahan yang diusung headphone ini sebagian besar adalah plastik. Kualitas plastik yang dimiliki headphone ini cukup baik tidak terlihat murahan. Plastik yang berwarna emas memiliki finishing yang mengkilap. Meski begitu, headphone ini agak kaku sehingga saya agak ragu2 saat mengatur panjang headband headphone ini. Earcup memakai material kulit sintetis yang dapat meredam suara sangat baik.....bisa dibilang terlalu baik sehingga sulit mendengar lingkungan sekitar dan kurang sirkulasi udara pada telinga.Untuk kabel, headphone ini memiliki kabel karet yang berbentuk seperti kabel telepon sehingga membuatnya cukup fleksibel.


Earcup headphone ini dapat diputar sebesar 90 derajat agar dapat diletakan lurus di meja. Untuk tingkat kenyamanan, menurut saya kenyamanan headphone ini dirasa kurang. Ya, cengkraman yg kuat memang bagus untuk mencegah suara yang bocor namun cengkraman headphone ini terasa sangat kuat sehingga membuat telinga sakit jika dipakai terlalu lama. Saya bisa bertahan dengan headphone ini maksimal 1 jam. Lebih dari itu telinga akan terasa sakit dan panas.


Untuk kualitas suara, saya bisa mengatakan headphone ini Bass Overpowered. Bass yang dimiliki headphone ini sangatlah powerfull sehingga suara yang dihasilkan headphone ini agak 'mendem'. Untuk kamu yang menyukai musik EDM, Dubstep, atau musik yang dominan di bass mungkin headphone ini cocok untuk kamu, Akan tetapi jika dipakai untuk mendengarkan musik yang lain suaranya akan kurang terderngar jernih karena kalah sama bass nya. Hal ini bisa diatasi dengan mengatur equalizer. Well, it's a DJ headphone, it should be focused on bass right?. Jangan memainkan musik dengan volume terlalu keras dengan headphone ini karena jika volume terlalu keras, suara yang dihasilkan akan pecah.


Untuk masalah harga, sebenarnya yang original memiliki harga yang cukup mahal sekitar 169 USD. Namun berhubung ini barang OEM maka kamu dapat membeli headphone ini dengan harga sekitar 300 sampai 400 ribu rupiah. Yaa....harga yang masih cukup masuk akal. If you are looking for a cheap powerfull bass headphone, this may be your choice!

Situs Resmi Pioneer HDJ-1000: http://www.pioneerelectronics.com/PUSA/DJ/Headphones/HDJ-1000
(Ori yah~)

Komentar